Tahun lalu, ketika kalian pertama kali melihat jajaran laptop gaming ROG layar ganda ASUS, kalian akan jatuh cinta dengan perangkatnya. Apa yang ASUS berikan adalah kinerja tanpa hambatan berkat pengaturan pendinginan yang mewah, kebaikan layar ganda, dan desain menarik yang berhasil menghadirkan estetika gamer yang halus tanpa berlebihan. Pembaruan tahun ini, ROG Zephyrus Duo 15SE, lebih mirip, tetapi dengan persaingan yang memanas, itu mungkin tidak lagi cukup.

Desainnya hampir tidak berubah dari model sebelumnya, tetapi Anda mendapatkan peningkatan spesifikasi yang bagus. Anda mendapatkan CPU AMD Ryzen 9 5900HS baru yang kuat — dengan delapan core dan 16 thread, 32 GB RAM, 2 TB penyimpanan SSD berkecepatan tinggi dalam konfigurasi RAID 0, peningkatan GPU besar-besaran — dari 2070 Super ke 3080 , dan peningkatan signifikan pada tampilan.

Gambar: Tech2/Anirudh Regidi

Desain Asus Zephyrus Duo 15 SE hampir tidak berubah dari model sebelumnya, tetapi membawa peningkatan spesifikasi yang bagus.

Ini terlihat bagus, tetapi harga yang ditawarakan sangat mahal yaitu Rp 56.000.000, Duo 15SE hampir dua kali lipat harga kebanyakan laptop gaming premium. Sementara Duo sebelumnya dengan mudah mengungguli perangkat dengan spesifikasi serupa pada tahun 2020, Tuf F15 milik ASUS dan Lenovo Legion 5 Pro yang baru saja diluncurkan memberikan kinerja yang serupa (dan terkadang, lebih baik) dengan setengah harga.

Perangkat yang bersaing ini tidak memiliki tampilan ganda dan kecepatan refresh 300 Hz masing-masing mendapatkan tampilan FHD 240 Hz dan 2K 165 Hz.

Melihat lebih dekat pada kinerja

RTX 3070 Legion 5 Pro dua hingga 22 persen lebih cepat daripada RTX 3080 Zephyrus Duo dalam tiga dari lima game yang saya uji. Di Borderlands 3 dan Horizon: Zero Dawn, di mana Legion 5 Pro lebih lambat, masih memberikan 94 persen dan 81 persen kinerja Duo.

Baca :  Cara menaikkan limit akulaku dengan mudah

ASUS-Zephyrus-Duo-15SE-ulasan-kinerja relatif

Zephyrus Duo memang berkinerja baik di sini, mendorong hampir semua game melewati batas 100-fps pada pengaturan maksimal, tetapi, dan meskipun aliran udara tambahan yang diberikan oleh tampilan sekunder yang dinaikkan (disebut ScreenPad Plus), itu tidak dapat secara definitif mengalahkan lebih rendah- kartu tier di laptop yang lebih murah.

Dalam tes pengeditan gambar yang melibatkan Photoshop dan Lightroom, Zephyrus Duo hingga 25 persen lebih cepat daripada Tuf F15 dan Legion 5 Pro. Saat merender model 3D di Blender, mengkompilasi kode, dan mentranskode video, perbedaan kinerja antara ketiga perangkat dapat diabaikan. Duo 15SE memiliki keunggulan, tetapi saya tidak akan menyebutnya sebagai yang signifikan.

Pindah ke tampilan, tampilan utama pada Duo 15SE jauh lebih baik dari yang dimiliki Duo 15 sebelumnya pada tahun 2020. Resolusi dan kecepatan refresh sama pada FHD 300 Hz, tetapi kecerahannya melonjak dari sekitar 180 nits menjadi 300 +. Rasio kontras juga melonjak dari hampir 900 menjadi lebih dari 1.100. Cakupan sRGB sekitar 95 persen, yang baik-baik saja untuk laptop Windows, dan terutama laptop yang ditujukan untuk bermain game. Namun, layar Legion 5 Pro 16-inci, 2K, 165 Hz, 500-nit dalam rasio aspek 16:10 berada di liga lain.

ScreenPad Plus tampak tidak berubah dan tetap sulit dibaca di bawah sinar matahari langsung.

Daya tahan baterai untuk pekerjaan kantor seperti biasanya, dengan layar diatur ke 120 nits dan ScreenPad Plus pada kecerahan maksimal, hadir dalam enam jam yang sangat mengesankan. Ini adalah daya tahan baterai terbaik yang pernah saya dapatkan dari laptop gaming.

Desain dan kegunaan

Asus terus meningkatkan fungsionalitas ScreenPad Plus, sekarang menambahkan kontrol dan dial khusus aplikasi tambahan pada layar sekunder itu. Ini dapat berguna saat menggunakan aplikasi seperti Photoshop, Lightroom, dan Premiere Pro, tetapi seperti halnya bilah sentuh Apple, saya pribadi menemukan pintasan keyboard lebih cepat.

Baca :  Gadget Dapur Terbaik Murah dan Cocok Untuk Aksesoris Dapur

Di mana ScreenPad Plus benar-benar hadir dengan sendirinya, menurut saya, adalah saat bermain game dan streaming. Menjadi tampilan sekunder daripada permukaan kontrol sekunder, ScreenPad Plus bekerja sangat baik sebagai penyampai informasi.

Saat streaming, saya biasanya menggunakan perangkat atau ponsel kedua untuk memantau obrolan dan status streaming. Saya biasanya membutuhkan tampilan sekunder untuk menangani OBS juga. Dengan Duo, semua fungsi ini dapat diturunkan ke layar sekunder, dan semua informasi diumpankan kepada Anda secara terus-menerus tanpa penurunan kinerja yang nyata.

Menjadi tampilan sekunder daripada permukaan kontrol sekunder, ScreenPad Plus bekerja sangat baik sebagai penyampai informasi. Gambar: Tech2/Anirudh Regidi

Gambar: Tech2/Anirudh Regidi

Menjadi tampilan sekunder daripada permukaan kontrol sekunder, ScreenPad Plus bekerja sangat baik sebagai penyampai informasi.

Kelemahan dari tampilan sekunder adalah tata letak keyboard dan trackpad. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, keyboard dan trackpad yang mengerut di bagian bawah layar berarti Duo 15 sulit digunakan di pangkuan Anda. Anda dipaksa untuk mendorong laptop jauh ke depan dengan berlutut, yang dapat membuat laptop lebih miring, dan Anda tidak dapat mengetik dengan nyaman di kursi pesawat atau kabin. Mengingat masalah ini, saya pikir laptop ini paling baik digunakan sebagai pengganti desktop daripada sebagai laptop biasa untuk bermain game atau bekerja saat bepergian.

Laptop layar ganda yang bagus untuk streamer

Duo 15SE adalah laptop yang sangat baik dan peningkatan yang layak dari pendahulunya. Untuk kasus penggunaan tertentu, terutama saat streaming, tampilan sekunder hampir terasa penting. Performanya luar biasa, layarnya cerah dan cepat, dan masa pakai baterainya luar biasa. Jika Anda memiliki gagasan yang sangat jelas tentang apa yang ingin Anda lakukan dengan layar sekunder itu, dan memiliki sisa Rp 500 ribu, pilih Duo 15 SE, karena tidak ada yang seperti itu saat ini.

Baca :  Kenapa shopee tidak bisa cod 2021 2022

Namun, jika Anda tidak memerlukan layar sekunder itu, Legion 5 Pro dan ASUS Tuf Dash F15 jauh lebih murah dan sama kemampuannya.

Comments are closed.