Banyak orang lebih memilih soundbars daripada sistem speaker yang lebih tradisional untuk memotong panjang kabel yang berjalan di sekitar ruangan. Meskipun mereka tidak diragukan lagi untuk meningkatkan pengalaman dalam menonton TV dengan nyaman, Anda masih kehilangan efek suara surround yang ditawarkan oleh speaker saluran 5.1. Ada banyak pilihan konten yang luas dengan audio 5.1 saluran pada platform OTT seperti Netflix dan Amazon Prime Video, dan bilah suara saluran 2.1 standar tidak dapat melakukan performance penuh untuk itu.

Sony berupaya menghadirkan yang terbaik dari kedua dunia dengan soundbar saluran HT-S40R 5.1 yang baru. Ini menjanjikan suara surround saluran 5.1 yang tepat sambil meminimalkan kabel interkoneksi dengan harga yang wajar. Mari kita cari tahu bagaimana melakukannya, dan apakah itu sepadan dengan harga yang diminta.

Desain Soundbar Sony HT-S40R

Sistem audio Sony ini memiliki beberapa komponen. Pertama, Anda memiliki soundbar sepanjang 90 cm yang menampung saluran kiri, kanan, dan tengah, dan ada alur di kisi untuk demarkasi. Bilahnya memiliki bodi serba hitam dengan kisi-kisi logam di bagian depan dan tepi melengkung yang membuatnya terlihat premium. Konstruksinya kokoh, dan batangnya beratnya sekitar dua kilogram. Sama sekali tidak ada tombol atau port di soundbar, tetapi hanya kabel yang dicolokkan ke subwoofer.

Soundbar sepanjang 90 cm menampung saluran kiri, kanan, dan tengah dengan alur di kisi-kisi untuk demarkasi. Gambar: Tech2/Ameya Dalvi

Kabel berpemilik memiliki tiga pin yang diberi kode warna dan dicolokkan ke soket masing-masing di sub. Semua port input dan konektor ditempatkan di bagian belakang subwoofer, sedangkan port USB terletak di bagian depan, sehingga mudah untuk mencolokkan drive USB. Ada layar LED tujuh segmen kecil di bagian depan, yang selalu berguna. Ini menampilkan mode input serta volume antara lain. Bagian atas sub memiliki kontrol sentuh yang sangat mudah untuk dilewatkan.

Meskipun subwoofer tidak nirkabel, Anda mendapatkan sepasang speaker belakang yang nirkabel; hampir saja. Anda juga mendapatkan unit amplifier yang menghubungkan speaker belakang. Unit amplifier serta subwoofer harus dicolokkan ke soket listrik, dan keduanya berkomunikasi satu sama lain secara nirkabel. Ada tombol Tautan di belakang yang pertama yang perlu ditekan agar mereka dapat berbicara satu sama lain. Setelah mereka melakukannya, LED merah berubah menjadi hijau. Dalam kasus saya, ini bekerja secara otomatis tanpa harus menekan tombol.

Tampilan LED tujuh segmen kecil di bagian depan subwoofer sangat berguna. Gambar: Sony

Tampilan LED tujuh segmen kecil di bagian depan subwoofer sangat berguna. Gambar: Sony

Meskipun Anda tidak dapat menyebut speaker belakang benar-benar nirkabel, setidaknya Anda tidak memiliki kabel yang berjalan di antara mereka dan bar atau subwoofer, yang sangat melegakan. Tetapi Anda membutuhkan stopkontak di mana Anda berencana untuk menempatkan speaker belakang untuk menyalakan amp. Semua kabel yang diperlukan dibundel bersama dengan kabel HDMI yang cukup panjang. Berbicara tentang panjang, semua kabel yang terpasang sebelumnya cukup panjang bahkan untuk ruangan berukuran layak.

Baca :  Gadget Dapur Terbaik Murah dan Cocok Untuk Aksesoris Dapur

Spesifikasi dan Fitur

Semua opsi konektivitas populer hadir di soundbar Sony HT-S40R; baik, pada subwoofer. Anda mendapatkan input Aux 3,5 mm, Optical in, USB dan juga HDMI ARC. Mengingat bahwa ini bukan soundbar entry-level, saya lebih suka setidaknya port HDMI lain dengan opsi passthrough. Anda juga memiliki Bluetooth 5.0 untuk streaming audio secara nirkabel menggunakan codec SBC dari ponsel Anda di tablet. Sistem suara ini kompatibel dengan audio Dolby Digital.

Soundbar memiliki input Aux 3,5 mm, Optical in, USB dan juga HDMI ARC. Gambar: Tech2/Ameya Dalvi

Soundbar memiliki input Aux 3,5 mm, Optical in, USB dan juga HDMI ARC. Gambar: Tech2/Ameya Dalvi

Ini memiliki total daya keluaran terukur 600 Watt RMS. Sony belum menjelaskan secara spesifik tentang pemutusan daya untuk bar, subwoofer, dan speaker surround, saya juga tidak dapat menemukan detail tentang ukuran driver yang digunakan dalam berbagai komponen pengaturan ini. Meskipun sistem ini cukup keras antara 40 hingga 60 persen tingkat volume pada sebagian besar waktu, jangan terbawa oleh nomor RMS 600 Watt.

Remote untuk soundbar bagus dan ramping dan memberi Anda akses ke banyak fungsi yang mencakup kontrol volume master dan subwoofer. Gambar: Tech2/Ameya Dalvi

Remote untuk soundbar bagus dan ramping dan memberi Anda akses ke banyak fungsi yang mencakup kontrol volume master dan subwoofer. Gambar: Tech2/Ameya Dalvi

Remote control nirkabel inframerah fungsi penuh juga disertakan dalam paket bersama dengan sepasang baterai AAA untuk menyalakannya. Remotenya bagus dan ramping dan memberi Anda akses ke banyak fungsi yang mencakup kontrol volume master dan subwoofer, pemilihan input, kontrol pemutaran, dan pengaturan awal audio.

Performa

Seperti biasa, saya mencoba memainkan tipe konten yang berbeda menggunakan input yang berbeda di soundbar. Tapi yang lebih penting di sini adalah jenis konten yang Anda mainkan dan terutama melalui input HDMI. Oleh karena itu, saya akan fokus terutama pada aspek itu karena soundbar ini dimaksudkan untuk digunakan dengan HDMI. Pemutaran audio melalui Bluetooth dan USB dapat diterima tetapi tidak spektakuler. Soundbar agak terlalu berat untuk musik. Pemutaran dari USB masih relatif lebih baik dari keduanya dengan sedikit lebih detail dalam audio jika Anda memiliki koleksi mp3 ‘legal’ Anda.

Baca :  Kenapa shopee tidak bisa cod 2021 2022

Bagi kita semua, daripada streaming melalui Bluetooth, saya sarankan Anda menginstal aplikasi layanan streaming di TV pintar Anda, jika itu pilihan, dan rutekan audio ke soundbar ini melalui HDMI ARC untuk hasil terbaik. Speaker belakang menambah pengalaman, betapapun kecilnya, bahkan saat tidak memutar aliran saluran 5.1 termasuk musik. Cuplikan film di YouTube dapat dinikmati di soundbar ini, tetapi terdengar bass-heavy lagi. Jika Anda ingin sedikit lebih jernih dan bass lebih sedikit, Anda dapat melakukannya dengan mencoba pra-setel audio yang berbeda dari remote dan menurunkan volume subwoofer.

Sementara kualitas aliran audio lainnya enak, soundbar ini sangat cocok untuk konten dengan audio 5.1 saluran. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada banyak konten di Netflix dan Prime Video dengan audio multi-saluran, dan itulah yang menghasilkan yang terbaik dari soundbar ini. Sementara Sony HT-S40R masih menghasilkan bass yang cukup, penyetelan sama pentingnya dengan vokal, dan dialog dapat terdengar dengan jelas. Speaker belakang melakukan tugasnya dengan tepat untuk memberi Anda pengalaman suara surround yang imersif.

Karena itu, ini masih merupakan soundbar kelas menengah. Jadi, jaga ekspektasi Anda dan jangan mengharapkan pengalaman audio tingkat teater. Selain itu, meskipun ada kejelasan yang cukup pada vokal dan pukulan yang cukup pada audio, itu tidak mereproduksi setiap detail yang lebih halus dalam aliran audio dengan sempurna. Misalnya, dalam adegan Lobby dari The Matrix, Anda tidak akan mendengar setiap suara peluru atau setiap peluru yang mengenai tanah. Tetapi pengalaman keseluruhan benar-benar menyenangkan dan jauh lebih mendalam daripada soundbar rata-rata tanpa suara surround.

Anda juga mendapatkan unit amplifier yang menghubungkan speaker belakang. Gambar: Tech2/Ameya Dalvi

Anda juga mendapatkan unit amplifier yang menghubungkan speaker belakang. Gambar: Tech2/Ameya Dalvi

Jika audio sumber tidak dikodekan dengan benar, Anda dapat mengalami beberapa kesalahan. Seperti dalam kasus trailer Red Notice di Netflix, di mana dialog akan diputar dari speaker belakang untuk beberapa alasan. Ini bukan kesalahan soundbar, tetapi bersiaplah untuk beberapa kejutan tak terduga sesekali. Saat tidak memutar streaming 5.1, Anda bahkan dapat mencoba mematikan speaker belakang. Dalam kasus tertentu, kedengarannya lebih baik seperti itu. Soundbar itu sendiri memiliki tiga saluran dan berubah menjadi pengaturan saluran 3.1 tanpa speaker belakang. Namun dalam pengaturan seperti itu, saluran depan memiliki pemisahan yang terbatas.

Baca :  Lenovo Legion 5 PRO Laptop Gaming Yang Luar Biasa Tampilan Terbaik

Harga Soundbar Sony HT-S40R

Soundbar Sony HT-S40R dapat dibeli seharga Rp 5.400.000 dengan garansi satu tahun. Untuk harga itu, Anda mungkin tidak mendapatkan produk yang terdengar terbaik atau paling kuat di kategorinya, tetapi Anda pasti mendapatkan sesuatu yang unik. Output di sini juga cukup kuat, dan memberi Anda pengalaman suara surround sejati saat menonton konten dengan audio saluran 5.1. Mereka yang mencari pengaturan saluran 5.1 berkualitas baik dengan kekacauan kabel minimal, ini adalah produk yang tepat untuk Anda, dan saya tidak dapat memikirkan produk lain yang menawarkan fitur seperti itu dalam anggaran ini.

Soundbar dibanderol dengan harga Rs 28.990. Gambar: Sony

Soundbar dibanderol dengan harga Rp 5.400.000. Gambar: Sony

Mengingat harganya mendekati Rs 30.000, Anda jelas mendapatkan berbagai jenis soundbars dalam anggaran ini, termasuk yang sesuai dengan Dolby Atmos. Tentu saja, seseorang tidak dapat mengharapkan varian saluran 7.1.2 dalam anggaran ini, tetapi Anda mendapatkan beberapa yang bagus dengan konfigurasi saluran 3.1 dan 3.1.2. Beberapa nama yang terlintas dalam pikiran adalah Philips TAPB-603 dan Samsung HW-Q600A. Tidak ada speaker surround, tetapi keduanya mensimulasikan efek audio spasial menggunakan beberapa speaker di bilah itu sendiri. Pilih salah satu berdasarkan kebutuhan Anda.

Harga: Rp. 5.400.000,-

Comments are closed.